Sunday 20 January 2019

Cara mengurus gensen sendiri dijepang





Haii, para japaners

Bagi kalian para kenshuusei, atau para pekerja dijepang pati sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gensen. Nah kali ini aku mau kaish tau cara untuk mengurus gensen bagi kalian yang tidak diurus/ tdak dibantu oleh kaisha (perusaan) kalian. Caranya gambang banget nih, karena aku sudah coba mengurus sendiri.

Jadi berkas yang harus kalian siapkan adalah :
  1. kertas gensen yang kalian terima dari kaisha tiap tahun (biasanya pada bulan desember akhir/ januari) --> jangan dicorat-coret !
  2. rekap pengiriman uang kalian ke indonesia (mintalah rekap kepada lembaga pengiriman uang, seperti : kyoudai, sbi, dcom, dll)
  3. Fotocopy KK kalian dlm bahasa jepang, dan KK asli. 
  4. (ini filenya tggal di copy paste sesuai KK kalian ya https://drive.google.com/file/d/0B5swXPGsIxd8ZmZCSmlITG01YVE/view?usp=sharing )
  5. Fotocopy buku tabungan kalian
  6. zairyo kado/ my number.
nah lahluh setelah itu, kalian search digoogle map "zeimusho" disitu akan muncul kantor pajak yang terdekat dengan rumah kalian.

Datanglah ke zeimusho pada hari : senin-jumat pada pukul 08.30-17.00 waktu setempat.

Langsung masuk saja kalau ada pak satpam bilang sama pak satpam mau ngurus gensen gitu, tpi kalau ga ada langsung masuk dan bilang sma petugasnya saja ya.
Setelah itu kalian bakal ditanya "ada nenmatsu chosei ga" bilang aja gak ada, nanti kalian akan langsung dibimbing untuk mengurusnya lewat komputer langsung. Kalau bingung ngomongnya gimana bilang aja "gensen no koto yaritaidesu" gitu aja petugasnya sudah paham. dan jangan lupa bilang kalau kalian tggal dijepang tapi keluarga kalian ada diindonesia ya.

Biasanya proses pengurusan gensen antaia 1 bulan sampai 1 bulan setengah, jadi sabar ya.. Jangan takut, karna gampang bgt buat ngurusnya..
selamat mecoba ya teman-teman :)

Salam Kenshuusahh 😀