Thursday 31 January 2019

Cara kerja di jepang






Hallo teman-teman,

Kali ini aku mau share nih ke kalian pengalaman aku kerja dijepang. Kalian pengen gak sih sebenarnya kerja dijepang, yang katanya gajinya lumayan besar cukup untuk mencari modal bagi muda mudi di indonesia. Jadi pertama-tama kerja dijepang itu ada banyak caranya, ada yang kerja beneran, ada yang magang, engineering, ada yg kuliah sambil kerja juga, dll. Yang ingin aku sampaikan disini sesuai pengalaman aku yaitu kerja dijepang sebagai PEMAGANG/JISSUSEI/KENSHUUSEI. Yang membedakannya adalah visa dari kenshuusei adalah visa training/ visa pemagang, tapi walapun pemagang di jepang kita juga kerjanya sama dengan yg lainnya. Hal-hal apa saja sih yang harus kalian tahu sebelum jadi kenshuusei dijepang ?? 
Yaituuu, penting sekali untuk diingat -->

  1. Untuk gaji pemagang di jepang sendiri berkisar antara 12-15 juta rupiah dan belum termasuk lembur, tapi tdak memungkinkan juga mendapat gaji yang lebih rendah dari 12jt tergantung dari masing2 perusahaan yang kalian dapat (sudah gaji bersih).
  2. Kalian dijepang biasanya sudah disediakan apartemen/rumah/mansyon dari masing2 perusahaan tapi kalian tetap harus bayar tiap bulannya (potong pajak). Untuk gas, air, listrik juga sudah tersedia dalam hal ini kalian bisa bayar individu(bayar sendiri) atau potong gaji.
  3. Kerja di jepang katanya berat, memang benar. Apalagi kalau yang kerjanya di luar ruangan pasti berat. Kerja dijepang itu cepat, harus tanggap, dan cepat paham. jadi jangan kaget kalau kerja di jepang itu bisa sampai malam2 kerjanya.
Tahap2 untuk kalian yang ingin jadi kenshuusei  :
  1. Cari terlebih dahulu LPK yang sudah SO alias yg sudah bisa sending sendiri ke jepang. Kalau bingung bisa kalian cek di website resmi pemagangan jepang (www.pemagangan.com
  2. Tidak ada yg namanya masuk LPK itu sudah dapat perusahaan/ job. Sistemnya kerja dijepang itu, masuk LPK berati kalian daftar sebagai siswa lpk tersebut. Didalam LPK kalian belajar bahasa jepang terlebih dahulu beberapa bulan, lalu ketika ada wawancara/ tes perusahaan barulah kalian mengikuti tes untuk dapat job. Jadi jika kalian pada tahap 1 memilih LPK yg belum bisa SO sendiri maka kalian akan diikutkan/ dilempar ke LPK lain yg sudah SO dan tetntu saja biayannya semakin mahal karena kalian bayar 2x ( dilpk yg lama, dan yg baru)
  3. Jangan berharap bisa berangkat ke jepang dalam waktu singkat, karna biasanya membutuhkan proses beberapa bulan. Karena setelah mendapatkan job pun kalian harus menunggu CE turun (surat ijin tinggal dari pemerintah jepang).
  4. Biaya untuk kerja dijepang juga tdak murah, teman-teman sekalian harus membayar kurang lebih 25-40 juta rupiah dari mulai proses belajar, asrama tinggal, pengurusan visa, paspor, sampai pemberangkatan. Mahal murahnya biaya juga tergantung dari masing2 LPK.
  5. Setelah CE turun baru kalian bisa berangkat kejepang.
Yang harus teman-teman ingat lagi dan lagi, ketika kalian sudah berhasil dtaang kejepang. Tngkat keberhasilan/ tingkat kebisaan kalain bekerja adalah bahasa kalian. Semakin bagus bahasa kalian maka semakin mudah juga kalian beradaptasi dalam pekerjaan. Jadi jangan menyepelekan bahasa ya. Itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan untuk kalian. 
Kalau ada yang mau ditanyakan silahkan komentar dikolom kometar ya. 
Selamat mencoba 😊