Tuesday 14 April 2020

Cara daftar tokutei ginou


Konnichiwaaa minna...
     Terima kasih selalu untuk kalian yg selalu ingin tahu, selalu memberikan kritik yg membanu, dan pertanyaan2 utk saya 本当にありがとうございます
     Okai jadi hari ini sya mau share, cerita buanyakk buat kalian2 yg ingin kerja ke japan dengan visa keahlian khusus/ tokutei ginou.. Banyak yg tanya begini sama sya, apa sih syaratnya, apasih yg harus eke lakuin pertma kali, ikut tesnya tuh dimna dan gimana, apa harus ikut LPK2/ Lembaga2 pengiriman, dsb. Jadi mari kita ulas satu persatu.
    Tokutei Ginou itu visa baru ya cah, kalau dulu ada jisshusei/ pemagang yg harus lewat LPK/ IMM untuk proses dan berangkatnya. Untuk TG ini dia pada dasarnya bersifat mandiri, jdi ga perlu ikut lembaga/ PT/ calo2, kalian bisa urus sendiri semuanya dan dengan biaya lebih murah tentunya. Namun bidang pekerjaan yang ada di dalam TG ini sendiri hanya 14 bidang.
     Berikut saya jabarkan langkah2nya : 


  • Syarat2 mengikuti TG ini yaitu kalian harus mempunyai sertifikat level bahasa jepang JLPT min N4/ JFT Basic A2 dan lulus tes keterampilan dari bidang yang ingin kalian ikuti ( utk eks kenshu apabila tidak pindah bidang hanya dengan menggunakan sertifikat 3kyuu/ dg hyouka chouso).
  • Lalu untuk kalian yg ingin mengikuti tes skill/ tes JFT basic, silahkan cek link berikut :


JFT Basic

Careworker

Building Cleaning Management
  belum tersedia

Machine Parts and Tooling Industries
  belum tersedia

Industrial Machinery Industri
  belum tersedia

Electric, Electronic and Information Industries
  belum tersedia

Construction Industries
  belum tersedia

Manufacture of Food and Beverages

Food Service Industri (on process)

Ship Building and Ship Machinery Industri
  belum tersedia

Automobile repair and Maintenance (on process)

Aviation Industry
  belum tersedia

Fishery and Aquaculture

Accomodation Industry
  belum tersedia

Agriculture

    Nah jika kalian ingin mengikuti tes skill tsb kalian harus mempunyai akun prometic dulu ya baru kalian bisa memilih jadwal dan mengikuti tes tsb. Untuk lokasi pelaksanaan tes sendiri tersedia di 3 tempat yaitu Jakarta (ada 2 tempat), Bandung dan Surabaya.

  • Nah semisal kita udah punya nih JLPT n4/n3/n2/n1 dan sudah lulus tes skill yg kita inginkan. Selanjutnya kalian baru bisa mencari lowongan yg tersedia di RSO/ 登録支援機関/ Penyalur dri jepangnya.  "Tapi kan kita gak tahu lwatnya mana, apakah itu resmi atau tidak".. Untuk mengetahui RSO tsb resmi atau tidak bisa bisa kalian tanyakan kpada RSO tsb apakah mempunyai no lisensi dri pemerintah dan bisa kalian cek disini http://www.moj.go.jp/content/001292890.xlsx apakah cocok atau tidak. Saran dari saya carilah RSO yg menyediakan bahasa indonesia untuk kalian yg mungkin kurang mahir dalam berbahasa jepang.
  • Selain dari RSO/ 登録支援機関 nya langsung kalian juga bisa mencari lowongan di web kemnaker langsung ya https://ayokitakerja.kemnaker.go.id/lowongan/ao karena pda dasarnya pemerintah pun menganjurkan kita untuk bisa mandiri dalam pengurusan sehingga tidak banyak yg tertipu dg lembaga2 yg kurang baik yang mengharuskan membayar puluhan jt rupiah... 
  • Nah setelah kalian entry ke job yg kalian inginkan biasanya akan diadakan seleksi dengan/ tanpa wawancara tergantung dari pihak perusahaan. Ada perusahaan yg menginginkan wwancara langsung dg datang ke Indonesia atau by Skype.
  • Lalu berapa biaya yg harus dikeluarkan ? Untuk yg benar2 lngsung tersalur kepada pihak jepangnya tdak akan memungut biaya sepeser pun untuk pengurusan di Japan. Namun ada biaya2 yg harus kalian keluarkan untuk pengurusan di Indonesia ya. Nah apa aja tuhhh, mari kita hitung2an okane secara kasar yaa, diantaranya :
Visa (390rb.n)+ biaya pendaftaran (180rb)
biaya kirim visa utk yg jauh (60-100rb)
Paspor (500 rb.n)
Pembuatan sim jika diperlukan *500 rb.n)
MCU (1-2 jt.n)
BPJS (sekitar 500rb) 
Kirim dokumen (300 rb.n)

Kalau ada yg belum masuk silahkan ditambhkan. Rincian tsb belum termasuk biaya tes skill/ jft yg kalian lakukan dan  tiket pesawat yaa, karena ada perusahaan yg mau menanggung tiket pesawat ada juga yang tidak.. Jadi kisaran berapa okane yg harus disiapkan sudah terbayang kan, semoga kalau nanti ada lembaga2 yg menawari kalian dg harga 30,40,50,60 jt kalian sudah bisa bertindak bagaimana semestinya,, eitts tapi ga semua lembaga buruk hlo ya 😉 
    Oke semuanya jadi sudah saya jelaskan semuanya berdasarkan pengalaman pribadi, apabila ada yg kurang paham dan masih ada yg ingin ditanyakan.. silahkann dengan senang hati, よろしくお願いします